Visi dan Misi
Diposting tanggal: 31 Mei 2010

Visi :

Pada tahun 2025 menjadi program studi yang mampu menghasilkan sarjana pendidikan yang cerdas intelektual, cerdas emosi, cerdas spiritual,  memiliki akhlak mulia yang berbudaya santri dan berdaya saing

 

Misi :

Visi di atas memiliki tiga kata kunci yakni cerdas komprehensif, berbudaya santri dan berdaya saing. Visi tersebut dituangkan pada Misi yang meliputi tiga bidang, yakni bidang pendidikan bimbingan dan konseling, penelitian (riset) dan pengabdian pada masyarakat. Dengan demkian, misi program studi adalah :

  1. menyelenggarakan pendidikan kesarjanaan bimbingan dan kon-seling yang berbasis pada nilai-nilai keislaman dan ke-NW-an, profesionalitas, serta  kualitas layanan secara menyeluruh;
  2. meningkatkan kemampuan dosen dalam melaksanakan pendi-dikan dan pembelajaran, penelitian dan publikasi ilmiah
  3. menyelenggarakan penelitian dan kegiatan ilmiah lainnya yang berbasis pada pengembangan, penemuan, dan penyebarluasan bimbingan dan konseling.
  4. menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat untuk amal ilmiah dan ilmu amaliah yang berbasis pada kultur, potensi dan nilai-nilai yang berkembang di masyarakat
  5. menyelenggarakan pendidikan kreatif di bidang bimbingan dan konseling untuk membangun peluang wirausaha bagi sivitas akademika.
  6. mengembangkan kerjasama dengan berbagai pihak khususnya dalam bidang bimbingan dan konseling baik di tingkat regional, nasional, dan internasional

 

Tujuan:

Tujuan penyelenggaraan program studi Bimbingan dan Konseling adalah : 

  1. terbentuknya calon guru Bimbingan dan Konseling yang ber-kualitas dan berkepribadian yang baik serta mampu membawa kemaslahatan bagi sesama.
  2. terbentuknya budaya riset di kalangan dosen dan mahasiswa yang disertai dengan produk-produk penelitian yang dapat dipublikasikan melalui jurnal ilmiah nasional dan internasional.
  3. terbentuknya perilaku yang mencerminkan nilai-nilai akhlak karimah di kalangan dosen, pegawai dan mahasiswa.
  4. terciptanya peluang wirausaha melalui bimbingan dan konseling di kalangan sivitas akademika program studi.
  5. terciptanya kemitraan dengan lembaga/instansi dalam dan luar negeri di bidang Bimbingan dan Konseling, penelitian, pengab-dian pada masyarakat.
  6. terpenuhi kualifikasi akademik dosen melalui studi lanjut strata tiga (S3).

Ke Atas