» View Jurnal

Jumat, 21 Desember 2018 - 14:58:44 WIB
UPAYA GURU MENANAMKAN AKHLAQ DAN DISIPLIN PADA PESERTA DIDIK
Abstrak:

Sebaik-baik manusia adalah yang paling banyak memberkan manfaat pada orang lain, dan sebaik-baik guru adalah yang mampu memaknai hakekat pendidikan sebagai proses pembelajaran yang di aplikasikan dengan akhlaq  terpuji. Belajar adalah membangun manusia berkualitas terutama dari segi akhlaq yang harus ditanamkan oleh guru kepada siswa. Guru harus mampu memberikan contoh yang terbukti dalam pola fikir, tingkah laku, serta segala apa yang terlihat padanya sebagai tempat siswa bercermin. Guru adalah sosok yang paling mudah dikenal oleh siswa, namun di zaman ini  jarang sekali siswa yang menyenangi semua gurunya lantaran akhlaq guru yang kurang baik. Siswa akan selalu patuh dan taat serta hormat bilamana guru memahami untuk apa saya jadi guru. Guru yang bisa ditiru oleh siswa adalah apabila guru mampu mengaflikasikan akhlaq yang baik terhadap siswa. Di balik akhlaq yang mulia, terdapat nilai positif yang tak kalah pentingnya di sekolah yaitu masalah kedisiplinan sehingga guru bisa menanamkan nilai karakter pada siswa yakni menjadi manusia berkarakter. Disiplin adalah karakter yang menentukan kualitas pendidikan Indonesia. Mendisiplinkan peserta didik, guru seharusnya menggunakan cara-cara memanusiakan manusia.  Menjalin, membina dan memperbaiki komunikasi yang bermutu merupakan cara aktif, kreatif, positif dan efektif untuk membiasakan peserta didik kearah yang lebih baik, yaitu menjadi manusia yang patuh dan taat. Disamping harus menjadi teladan bagi anak didiknya, guru seharusnya mampu menyadarkan anak didik untuk mematuhi ketentuan, aturan dan tata tertib sekolah. Dengan memahami latar belakang peserta didik, guru diharapkan dan seharusnya membantu peserta didik mengenali diri dan potensinya, membantu peserta didik meningkatkan kualitas perilakunya, dan menjadikan peraturan dan tata tertib sekolah sebagai alat untuk memotivasi peserta didik. Guru yang mengedepankan siswa harus taat pada aturan, maka guru harus lebih taat pada setiap aturan sebagai upaya penanaman  contoh terhadap siswa. Dengan penanaman akhlaq dan disiplin maka anak tumbuh menjadi pribadi yang peka/berperasaan halus dan percaya pada diri dan orang lain, peduli pada kebutuhan dan kepentingan orang lain, mempunyai pola hidup yang teratur dan mampu mengelola waktunya dengan baik, kemandirian anak dapat diandalkan untuk bisa memenuhi kebutuhan sendiri baik di sekolah maupun dirumah.

 

Kata kunci: Akhlaq, disiplin, dan  peserta didik


Penulis : M. Deni Siregar, M.Pd
Download File (15)

Ke Atas