» View Jurnal

Rabu, 11 Mei 2016 - 15:24:32 WIB
PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DAN BERNYANYI TERHADAP KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI ANAK BERKEPRIBADIAN INTROVERT DI SD NEGERI 2 KELAYU SELATAN
Abstrak:

Penelitian ini adalah penelitian expost-facto yang dilakukan dalam 6 kali pertemuan. Subyek dalam penelitian ini adalah bagian dari siswa dan siswi SDN 02 Kalayu Selatan dari kelas I sd VI. Penentuan subjek tersebut dilakukan dengan teknik stratified random sampling yang terdiri dari 103 orang siswa yang dipilih dari 139 siswa berdasarkan tabel sampel Isaac dan Michael. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, ini digunakan untuk menilai bimbingan kelompok, bernyanyi dan tingkat kemampuan berkomunikasi anak berkepribadian introvert. Teknik analisis data menggunakan analisis deskripsi data dan analisis korelasi parsial dan ganda. Analisis korelasi uji-t digunakan untuk menguji hipotesis I dan II sedangkan uji-F untuk hipotesis III dan hipotesis IV dengan menggunakan analisis deskripsi data. Setelah dilakukan perhitungan terhadap data angket kemampuan berkomunikasi anak berkepribadian introvert dengan perbandingan skor rata–rata antara hasil pre-test dan post-test, yaitu--49,85<58,38 dengan selisih rata-rata, yaitu: 8,53, pada kategori skor terjadi perubahan dari kategori rendah ke kategori sedang. Sedangkan hasil perhitungan skor rata-rata untuk bimbingan klompok, yaitu: 53,61 kategori sedang, bernyanyi, yaitu 53,59 kategori sedang. Analisis akhir menggunakan rumus uji-t dari hasil perhitungan hipotesis I menunjukkan thitung lebih besar dari pada nilai ttabel (2,920 >1,984), lalu perhitungan hipotesis II juga menunjukkan thitung lebih besar dari pada nilai ttabel (2,040>1,984) dan perhitungan hipotesis III juga sama menunjukkan Fhitung lebih besar dari pada nilai Ftabel (17,00>3,087), sehingga nilai thitung dan Fhitung terletak di daerah penolakan H0. Artinya bahwa berdasarkan hasil perhitungan hipotesis I, II dan III untuk H1 diterima.


Penulis : Musifuddin & Nuril Hifdzil Umami
Download File (289)

Ke Atas