» View Jurnal

Rabu, 11 Mei 2016 - 15:22:57 WIB
MENGATASI PERMASALAHAN BELAJAR SISWA TAMAN KANAK-KANAK MELALUI KONSELING EKLEKTIK DENGAN PERILAKU ATTENDING PADA KELOMPOK B TK PGRI 07 AIKMEL
Abstrak:

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya mengatasi permasalahan belajar siswa taman-kanak melalui konseling eklektik dengan perilaku attending pada kelompok B TK PGRI 07 Aikmel. Corak pendidikan yang diberikan di TK menekankan pada esensi bermain bagi anak-anak, dengan memberikan metode yang sebagian besar menggunakan sistem bermain sambil belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau Crassroom Action Research (CAR). Penelitian tindakan kelas yang digunakan lam penelitian ini direncanakan menggunakan dua siklus, dalam setiap siklus menggunakan empat tahapan yaitu tahap perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection).  Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan melalui observasi dengan dua siklus, diperoleh data bahwa Pada siklus I, diikuti oleh 11 anak didik dengan jumlah anak didik yang berkategori  masalah tinggi adalah 2 orang (18%), anak didik yang berkategori masalah sedang adalah 3 orang (27%) dan jumlah anak didik yang berkategori masalah rendah adalah 6 orang (55%). Pada siklus II, diikuti oleh 11 anak didik dengan jumlah anak didik yang berkategori  masalah tinggi adalah tidak ada  (0%), anak didik yang berkategori masalah sedang adalah 3 orang (27%) dan jumlah anak didik yang berkategori masalah rendah adalah 8 orang (73%).


Penulis : Marfuatun & Juahairia
Download File (289)

Ke Atas