» Detail Berita

Senin, 19 Maret 2018 - 11:12:42 WIB
Dosen Bimbingan dan Konseling Menerapakn Pembelajaran Inkuri dalam meningktakan Kreativitas belajar
Diposting oleh : deni siregar
Kategori: Akademik - Dibaca: 74 kali

Keberhasilan peserta didik dalam menempuh pendidikan tidak terletak pada berpangku tangan semata mealinkan penuh dengan proses, proses belajar, proses berprilaku, proses hidup. Para ulama tersohor bahkan para Nabi dan Rosul memiliki perjalanan dan proses panjang dalam meraih kasih sayang Alloh SWT.

Belajar merupakan sebuah proses yang menterjadikan manusia menjadi lebih baik dari pada sebelumnya. Belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan oleh seseorang untuk memperoleh suatu perubahan yang baru sebagai hasil pengalaman sendiri dalam interaksi dengan lingkungan, perubahan di dalam kepribadian manusia, dan perubahan tersebut ditampakan dalam bentuk peningkatan kualitas dan kuantitas tingkah laku seperti peningkatan kecakapan, pengetahuan, sikap, kebiasaan, pemahaman, keterampilan daya fakir dan hal lain kemampuannya. Belajar sebagai suatu perubahan yang relatif dalam menetapkan tingkah laku sebagai akibat atau hasil dari pengalaman yang lalu.

Dalam belajar,banyak pelajaran yang di tempuh pada Sekolah Dasar, diantaranya adalah Ilmu Pengetahuan Sosial, dimana Hakikat IPS, adalah telaah tentang manusia dan dunianya. Manusia sebagai makhluk sosial selalu hidup bersama dengan sesamanya. Dalam kehidupannya manusia harus mengahadapi tantangan-tantangan yang berasal dari lingkungannya maupun sebagai hidup bersama. IPS memSaudarang manusia dari berbagai sudut pSaudarang. IPS melihat bagaimana manusia hidup bersama dengan sesamanya, dengan tetangganya dari lingkungan dekat sampai yang jauh. Bagaimana keserasian hidup dengan lingkungannya baik dengan sesama manusia maupun lingkungan alamnya. Bagaimana mereka melakukan aktivitas untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Dengan kata lain bahan kajian atau bahan belajar IPS adalah manusia dan lingkungannya.

Banyak permasalahan yang di hadapi siswa di MI terutama di kelas V, diantara permasalahan tersebut adalah siswa kurang mersepon palajaran karena dalam teori yang di ajarkan pada anak di MI pada mata pelajaran IPS mengandung banyak deskripsi teori masalah hubungan sosial dan interaksi dan itu semua memerlukan kecerdasan guru dalam mengelola metode yang tepat dalam meningkatkan kreativitas belajar IPS bagi siswa.

Dalam penelitian ini peneliti mencoba meningkatkan kreativitas belajar siswa dengan menggunakan strategi inkuri, dimana Strategi pembelajaran inkuiri merupakan salah satu strategi pembelajaran yang dapat mendorong siswa untuk aktif dalam pembelajaran. Kunandar (2010:371) menyatakan bahwa “Pembelajaran inkuiri adalah kegiatan pembelajaran di mana siswa didorong untuk belajar melalui keterlibatan aktif mereka sendiri dengan konsep-konsep dan prinsip-prinsip, dan guru mendorong siswa untuk memiliki pengalaman dan melakukan percobaan yang memungkinkan siswa menemukan prinsip-prinsip untuk diri mereka sendiri”. Lebih lanjut, Wina (2006:196) menyatakan bahwa “Strategi pembelajaran inkuiri adalah rangkaian kegiatan pembelajaran yang menekankan pada proses berpikir secara kritis dan analitis untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban dari suatu masalah yang dipertanyakan”.

di Posting

By. M.Deni Siregar, M.Pd



Berita Terkait

Ke Atas