» Detail Berita

Senin, 19 Maret 2018 - 10:27:17 WIB
Mahasiswa mengadakan praktukum bimbingan kelompok
Diposting oleh : deni siregar
Kategori: berita - Dibaca: 80 kali

Bimbingan konseling kelompok merupaka bimbingan seorang konselor kepada sejumlah klien yang bermasalah yang di lakukan secara kelompok.

dengan mengadakan praktikum bimbingan kelompok bagi mahasiswa,,, mahasiswa mampu mengadakan konseling dengan profesional sesai dengan masalah yang di hadapi klien.

Manusia sebagai makhluk ciptaan Allah yang paling sempurna jika dibandingkan dengan makhluk ciptaan lainnya, karena manusia terdiri dari unsur jasmani dan unsur rohani, yang keduanya merupakan suatu kesatuan yang tidak terpisahkan, keduanya saling menunjang dalam kehidupan. Di sisi lain, manusia adalah makhluk individu  dan juga sebagai makhluk social
Sebagai makhluk social, manusia dituntut untuk mampu mengembangkan diri dan menyesuaikan diri dengan masyarakat karena memang manusia memiliki potensi kemanusiaan yang meliputi dimensi keberagamaan, kesusilaan, keindividualan dan dimensi kesosialan sehingga dengan potensi tersebut  menuntut manusia harus dapat beradaptasi dengan lingkungan dan masyarakat. Pemenuhan terhadap tuntutan perkembangan masyarakat sekaligus memerlukan pengembangan individu warga masyarakat secara serasi, selaras dan seimbang.
Pengembangan kemanusiaan seutuhnya hendaknya mencapai pribadi-pribadi yang kediriannya matang, tangguh, dengan kemampuan social yang menyejukkan, kesusilaan yang tinggi dan luhur serta berkeimanan dan ketakwaan yang kokoh dan dalam.Namun kenyataan yang sering kita jumpai dalam kehidupan masyarakat akhir-akhir ini, banyak pribadi yang kurang berkembang dan rapuh, kurangnya rasa kebersamaan sebagai anggota kelompok masyarakat, kehidupan social yang panas, kesusilaan yang rendah dan keimanan dan ketakwaan yang labil dan dangkal.
Sehubungan dengan masalah-masalah tersebut, maka dalam pengembangan pendidikan harus memperhatikan hal-hal tersebut agar setiap orang dapat berkembang secara optimal sehingga potensi-potensi yang dimlikinya mendapat sentuhan yang mendorongnya untuk berkembang sesuai dengan tahapan-tahapan  perkembangannya baik sebagai makhluk beragama, makhluk susila, makhluk individu, maupun sebagai makhluk social.
pentingnya konseling kelompok sangat membantu klien dan para mahasiswa dalam memahami arti konseling kelompok.
 
Di Posting
By
M.Deni Siregar,M.Pd


Berita Terkait

Ke Atas