» Detail Berita

Rabu, 04 Oktober 2017 - 14:14:38 WIB
THE BEST TEACHER TALK SHOW Perwakilan dari dosen Program studi bimbingan dan konseling M. DENI SIREG
Diposting oleh : deni siregar
Kategori: Akademik - Dibaca: 217 kali

THE BEST TEACHER TALK SHOW

Perwakilan dari dosen Program studi bimbingan dan konseling M. DENI SIREGAR, M.Pd memberikan materi dalam acara TALK SHOW tentang How tobe a great teacher dalam mengisi acara PESTIVAL PGSD dengan bagian bagaimana menjadi guru profesiaonal pada hari ahad 26 Maret 2017. Tujuan dari acara tersebut adalah memberikan semangat kerja keras bagi mahasiswa melalui jalur pendidikan secara profesioanl yang harus diraih dengan dedikasi tinggi . diharapkan mahasiswa tidak mudah terpengaruh dan goyah oleh keadan apapun dalam mengejar cita-cita mulia melalui proses pendidikan yang sedang ditempuh pada Universitas Hamzanwadi. Dalam talk show tersebut di bicarakan sesuai dengan program studi yang di hadapi yaitu mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Hamzanwadi, maka yang disampaikan yaitu bagaimana mahasiswa nantinya menjadi guru yang berkompetensi sebagai agen pembelajaran pada jenjang pendidikan dasar dan menengah serta pendidikan anak usia dini.

 

Adapun yang di bicarakan dalam talkshow tersebut adalah guru yang profesioanal harus memiliki KOMPETENSI PEDAGOGIK meliputi Pengelolaan Pembelajaran : menyusun rencana Pembelajaran, melaksanakan Pembelajaran, menilai Prestasi Belajar peserta didik, dan melaksanakan tindak lanjut hasil penilaian. Wawasan kependidikan meliputi : memahami landasan pendidikan, memahami kebijakan pendidikan, memahami tingkat perkembangan siswa, memahami pendekatan pembelajaran sesuai materi pembelajaran, menerapkan kerjasama dalam pelaksanaan layanan mutu pendidikan , memanfaatkan kemajuan iptek dalam pendidikan. KOMPETENSI PERSONAL meliputi : Tanggung jawab, Komitmen, Konsistensi, Integritas, Jujur , Terbuka, Disiplin . KOPETENSI PROFESIONAL meliputi : Menguasai keilmuan dan keterampilan sesuai dengan materi pembelajaran, kopetensi pengembangan profesi : Melakukan Penelitian (PTK), Menyusun karya tulis (penelitian, kajian empiris, gagasan sendiri, karya tulis ilmiah populer, penulisan buku), Kegiatan Seminar dll. KOMPETENSI SOSIAL meliputi : Komunikasi, Kerjasama/kolaborasi, Empati, Bermitra, Koordinasi

 

Talksow tersebut memberikan inspirasi tersendiri bagi mahasiswa,terlihat ketika mahasiswa banyak yang menanyakan hal- hal yang berkaitan langsung dengan proses pembelajaran di kelas.

Di posting by. SUHARTIWI, M.Pd., Kons



Berita Terkait

Ke Atas