» Detail Berita

Rabu, 04 Oktober 2017 - 13:49:50 WIB
PENDAMPINGAN ANALISIS DATA BIMBINGAN DAN KONSSELING MENGGUNAKAN SOSIOMETRI OLEH DOSEN PROGRAM STUDI
Diposting oleh : deni siregar
Kategori: Akademik - Dibaca: 175 kali

PENDAMPINGAN ANALISIS DATA BIMBINGAN DAN KONSSELING MENGGUNAKAN SOSIOMETRI OLEH DOSEN PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMA NEGERI 3 SELONG.

Sosiometri merupakan salah satu asesment non tes dalam bimbingan dan konseling. Dengan sosisometri ini maka guru BK bisa mengetahui tentang status hubungan sosial para siswa. Pada smester genap tahun pelajaran 2016/2017 Program studi bimbingan dan konseling dalam program PKM melalui pendampingan dengan Guru BK di SMA Negeri 3 Selong  pelaksanaan assesment non tes sosiometri, pendampingan tersebut berlangsung selama 3 bulan dari bulan bulan Maret, April, Mei 2017. Adapun pendampingan yang dilakukan dosen BK Universitas Hamzanwdi pada guru BK SMA Negeri 3 Selong dalam menggunakan sosiometri di mulai dengan :

  1. Pendampingan pembuatan instrumen. Pembuatan instrumen yang kami harus mengutamakan analisis bersama dengan sesama guru BK dan dosen pendamping, karena instrumen yang baik harus sesuai dengan masalah yang di hadapi siswa terkait tengan hubungan status sosial setiap siswa. Hal ini bertujuan supaya guru BK di SMA Negeri 3 Selong memahami dengan baik cara membuat instrumen sesuai keadaan siswa di sekolah. Pendampingan tersebut mengut sertakan semua guru BK dan waka kesiswaan agar semua unsur bisa saling berkolaborasi dalam menentukan instrumen yang tepat dalam menuntaskan masalah siswa.
  2. Penyebaran istrumen. Instrumen yang disebarkan pada siswa SMA Negeri 3 Selong bersifat rahasia dan tidak boleh menjawab instrumen dengan cara melihat hasil teman sekelas karena menyangkut harga diri siswa dengan siswa yang lain. Maka dari prodi bimbingan dan konseling mengadakan pendampingan khusus pada guru BK SMA Negeri 3 Selong dalam meyebarkan intsrumen.
  3. Analisis data. Dalam analisis data dosen prodi Bimbingan dan Konseling mengadakan analisis secara bersama-sama duduk di Bimbingan dan Konseling SMA N 3 Selong. Dalam proses analisis tersebut para guru BK mengurutkan data masalah kemudian menggunakan sosiometri dalam menemukan hasil analisis data yang merupakan bentuk assesment non tes.

 

  1. Tindak lanjut dari data yang diperoleh. Bentuk tindak lanjut yang dosen program studi Bimbingan dan konseling Universitas Hamzanwadi bersama guru BK SMA Negeri 3 Selong mengamati keadaan stelah diadakan perlakuan pada siswa SMA Negeri 3 Selong.

Dosen program studi Bimbingan dan konseling Universitas Hamzanwadi selalu ingin meningkatkan pelayanan sesuai dengan bidang keilmuan seperti mengadakan berbagai layanan di bidang konseling yang dihadapi siswa bahkan masyarakat.

Di posting by. M. Deni Siregar, M.Pd, dan Dra.Marfuatu, M.Pd

 



Berita Terkait

Ke Atas