» Detail Berita

Rabu, 04 Oktober 2017 - 11:10:23 WIB
PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING MENGADAKAN KONSELING LINTAS BUDAYA
Diposting oleh : deni siregar
Kategori: Akademik - Dibaca: 192 kali

KONSELING LINTAS BUDAYA MAJUUUU PRODI BIMBINGAN DAN KONSELING UNIVERSITAS HAMZANWADI
Budaya merupakan salah satu unsur dasar dalam kehidupan social. Budaya mempunyai peranan penting dalam membentuk pola berpikir dan pola pergaulan dalam masyarakat, yang berarti juga membentuk kepribadian dan pola piker masyarakat tertentu. Budaya mencakup perbuatan atau aktivitas sehari-hari yang dilakukan oleh suatu individu maupun masyarakat, pola berpikir mereka, kepercayaan, dan ideology yang mereka anut.
Konseling adalah suatu proses pemberian bantuan yang terjadi dalam hubungan antara konselor dan klien. Dengan tujuan mengatasi masalah klien dengan cara membelajarkan dan memberdayakan klien. Untuk memperoleh pemahaman dan pencapain tujuan dalam konseling, faktor utama yang mempengaruhi yaitu bahasa merupakan alat yang sangat penting. Bila terjadi kesulitan dalam mengkomunikasikan apa yang diinginkan dan dirasakan oleh klien, dan kesulitan menangkap makna ungkapan pikiran dan perasaan klien oleh konselor, maka akan terjadi hambatan dalam proses konseling.
Proses konseling memperhatikan, menghargai, dan menghormati unsur-unsur kebudayaan tersebut. Pengentasan masalah individu sangat mungkin dikaitkan dengan budaya yang mempengaruhi individu. Pelayanan konseling menyadarkan klien yang terlibat dengan budaya tertentu; menyadarkan bahwa permasalahan yang timbul, dialami bersangkut paut dengan unsur budaya tertentu, dan pada akhirnya pengentasan masalah individu tersebut perlu dikaitkan dengan unsur budaya yang bersangkutan.
Program Paraktikum konseling lintas budaya dilakukan di masyarakat desa SADE LOMBOK TENGAH, dimana desa tersebut memiliki budaya yang masih kental yang tidak terkikis oleh zaman. dari segi bangun rumah, adat bermasyarakat, budaya menikah, bergaul masih dalam keadaan seperti dulu.Hal ini mengajarkan mahasiswa untuk belajar mempertahankan adat.... dengan dipertahankan adat tersebut desa SADE LOMBOK TENGAH dikenal Dunia INTERNASIONAL.
apa yang di dapatkan mahsiswa,,,?
Mahasiswa dapat memberikan pengarahan berdasarkan teori yang di dapatkan serta mepraktikkan konseling lintas budaya. secara budaya mahasiswa memahami bagaimana mempertahankan budaya supaya tetap dan berkembang pesat tanpa berubah dengan keadaan zaman.
Di Posting By
M. Deni Siregar,M.Pd


Berita Terkait

Ke Atas